Implementasi Employability Skill
Implementasi Employability Skill
A. Pendahuluan
Assalamu'alaikum Wr. Wb, Saya akan membuat laporan kegiatan Saya pada hari ini, yaitu Diskusi tentang cara mempraktekkan Employability Skill.
a. Pengertian
Employability Skills merupakan suatu keterampilan yang memungkinkan seseorang untuk mendapatkan pekerjaan atau dapat tetap bekerja, meliputi keterampilan personal, keterampilan interpersonal, sikap, kebiasaan, dan perilaku (Lankard, 1990).
b. Latar Belakang Masalah
Pendidikan kejuruan dirancang khusus untuk memfasilitasi peserta didik agar dapat menguasai suatu bidang keahlian baik dalam aspek soft skills maupun hard skills dengan harapan menjadi SDM yang siap memasuki dunia kerja dan terjun dalam kehidupan bermasyarakat, serta memiliki sikap
yang baik dan sesuai norma yang berlaku di masyarakat. Pendidikan yang berorientasi dunia kerja melalui penguasaan keterampilan teknis dan keterampilan employabilitas sangat diperlukan guna menopang pengembangan ekonomi.
B. Maksud dan Tujuan
Berdiskusi dengan teman-teman membahas bagaimana cara mengimplementasikan Employability Skill supaya Saya dan teman-teman bisa mengimplementasikan Employability Skill pada kegiatan sehari-hari.
C. Batasan dan Ruang Lingkup Pekerjaan
Berdiskusi membahas cara mengimplementasikan Employability Skill.
D. Target dan Hasil yang diharapkan
Bisa menerapkan aspek-aspek Employability Skill pada kegiatan sehari-hari.
E. Metode Pelaksanaan Pekerjaan
- Membaca (literasi)
- Tanya Jawab
- Pertukaran pendapat atau argumen.
- Kesimpulan dan evaluasi.
F. Alat dan Bahan
- Handphone.
H. Tahapan Pelaksanaan
Employability Skills merupakan hal yang wajib bagi orang yang siap bekerja. Orang sudah dikatakan punya Employability Skills apabila sudah melakukan aspek-aspek Employability Skills.
1. Inisiatif
Bertanya itu pekerjaan, ketika ditanya harus dijawab, menjawab juga pekerjaan, ketika ditanya berarti harus di jawab agar mendapat jawaban atas suatu pertanyaan, hasilnya yang tidak tahu menjadi tahu.
2. Perencanaan dan pengorganisasian
Aspek ini lebih ke tujuan, jadi ketika mau melakukan sesuatu harus punya tujuan yang jelas dan direncanakan sekaligus diorganisakan. saat mau menjawab harus punya tujuan yang jelas dan direncanakan terlebih dahulu.
3. Selalu belajar
Kita harus selalu belajar, dari kesalahan diri sendiri dan kesalahan orang lain. Ketika ada seseorang yang melakukan kesalahan maka kita harus belajar dari kesalahan itu, jadi kita tidak akan mengulangi kesalahan yang sama.
4. Manajemen diri
Kita harus bisa mengatur diri sendiri jadi tidak terbawa arus orang lain.
5. Mengikuti dan menggunakan teknologi
Ketika kita di tanya dan tidak tahu jawabannya maka kita bisa menggunakan teknologi, contohnya menggunakan Google untuk mencari raferensi yang benar.
6. Komunikasi
Dalam aspek komunikasi ini banyak yang langsung melompat dari inisiatif langsung ke komunikasi, jadinya tujuannya tidak jelas dan tidak belajar dari masa lalu.
7. Problem & Solving
Bisa menemukan cara untuk mengatasi masalah
8. Team Work
Team Work terwujud jika aspek-aspek yang di atas sudah dilakukan.
Ketika menggunakan Employability Skills harus urut, mulai dari aspek yang pertama jika ada satu saja aspek yang terlewati maka akan selalu ketemu problem terus, tapi jika urut akan bisa ketemu solving/solusi yang baik walupun masih ketemu problem pasti akan ketemu dengan solving/solusi.
Kebanyakan dari kami masih loncat dari inisiatif ke komunikasi jadi tujuannya tidak jelas dan tidak belajar dari masa lalu.
I. Temuan Permasalahan Serta Cara Penyelesaiannya
Kami masih sulit untuk mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari, untuk itu Saya sendiri mencoba untuk melakukan dari hal yang terkecil seperti membuang sampah, menjawab pertanyaan dari si Mbah Suro, dll.
J. Kesimpulan yang didapatkan
Mengubah sikap, perilaku kita tidak semudah apa yang kita pikirkan maupun omongan. Kita harus mengubah dari hal-hal yang terkecil.
K. Referensi
Posting Komentar untuk "Implementasi Employability Skill"